Langsung ke konten utama

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat Pelangsing

Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami Tanpa Diet Ketat dan Tanpa Minum Obat Pelangsing.
Cara Mengurangi Berat Badan Secara Alami
Halo sahabat sehat dan bahagia, apa kabar? Mudah-mudahan selalu sehat ya dan bahagia tentunya, Pada kesempatan kali ini Aku mau share artikel tentang Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Untuk Anda semua yang sedang berusaha menurunkan berat badan tentunya ini akan berguna sekali ya. Yuk langsung saja simak artikelnya.

Menurunkan berat badan adalah hal yang terkadang sulit dilakukan oleh sebagian besar orang terutama bagi orang yang hobi makan. Biasanya mereka mencoba banyak diet dan kombinasi makanan, namun hanya sedikit yang berhasil.

Penurunan berat badan tergantung pada berapa banyak asupan kalori yang dikonsumsi dan berapa banyak kalori yang dibakar. Secara teoritis, seseorang bisa menurunkan berat badan sampai 4,5 kg dalam satu minggu. Tapi, idealnya rata-rata penurunan berat badan adalah antara 0,5 sampai satu kg per minggu. Hal ini dapat membantu Kamu mencapai berat badan ideal secara sehat.

Menurunkan berat badan diperlukan agar kita memiliki berat badan yang ideal tentu saja. Perlu diingat bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah pandangan yang subjektif, makan berat badan adalah hal yang objektif. Apakah Anda menganggap kalau bentuk tubuh Anda tidak ideal? Tunggu dulu, mungkin bagi Anda tubuh bentuk tubuh Anda tidak ideal, tapi bagi ukuran berat badan bisa saja Anda ideal.

Sebaiknya penurunan berat badan dilakukan secara bertahap. Diet yang dilakukan dalam waktu singkat, umumnya hanya akan menurunkan berat badan sementara saja. Kuncinya adalah konsistensi dan komitmen dalam menjalankan program penurunan berat badan. Karena tentu kita ingin memiliki tubuh ideal selama nya bukan.

Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Mengkonsumsi Obat Pelangsing

Nah, agar dapat memiliki berat badan ideal tanpa harus melalui jalan medis seperti pergi ke dokter, sedot lemak, mengkonsumsi pil pelangsing, Anda bisa mencoba Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami di bawah ini.

1. Mengurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori atau porsi makan terbukti efektif untuk mengurangi berat badan dalam waktu singkat. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas.

Demi memaksimalkan efek diet yang Anda lakukan, lebih baik kurangi camilan dan bumbu-bumbu penyedap, serta perbanyak konsumsi sayur-sayuran.

2. Aktif bergerak dan rutin olah raga

Olahraga seperti mengangkat beban atau senam aerobik bisa Anda terapkan sehari-hari untuk meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh. Aktivitas ini sekaligus mengurangi endapan karbohidrat dan cairan di dalam tubuh yang membuat berat badan meningkat atau lakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda.

Jika Anda termasuk orang yang malas berolahraga, sebaiknya Anda berusaha untuk terus aktif bergerak contohnya dengan berjalan kaki. Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator.

3. Hindari makanan siap saji

Selain mengurangi asupan kalori, menghindari makanan siap saji juga membantu Anda menurunkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan dan ayam, serta sayuran rendah karbohidrat. Dengan begitu, Kamu tetap bisa merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori.

4. Perbanyak minum air mineral

Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain manfaat-manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu atau dua gelas air mineral, dengan minum dua gelas air mineral sebelum makan menyebabkan anda kenyang sehingga porsi makan akan berkurang.

5. Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

6. Kurangi karbohidrat dan perbanyak protein

Menerapkan kebiasaan mengurangi konsumsi karbohidrat atau diet karbo, menyehatkan sekaligus terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Batasi konsumsi nasi, pasta, dan makanan lain yang mengandung karbohidrat atau gula.

Sebagai gantinya, Kamu bisa memperbanyak sayuran rendah karbohidrat, mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, serta ikan. Protein juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

7. Konsumsi makanan kaya serat

Manfaat makanan kaya serat antara lain :

Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
Membantu menurunkan berat badan
Menurunkan kolesterol tinggi
Membersihkan saluran pencernaan
Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
Mengendalikan gula darah
Memperlambat penyerapan glukosa

Makanan yang mengandung banyak serat adalah sayuran hijau, kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

8. Makan pakai piring kecil

Makan dengan piring kecil bisa membuat Anda tetap bisa makan makanan yang Anda suka, tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Para peneliti di University of Groningen menemukan bahwa piring yang 70% terlihat penuh, memang lebih digemari saat makan.

Jadi, menggunakan piring kecil bisa membuat seakan-akan piring Anda telah penuh. Padahal jika diletakkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa memangkas asupan kalori berlebih. Anda pun bisa makan dengan jumlah yang banyak tanpa harus bikin jarum timbangan bergerak ke arah kanan.

9. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru.

Cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetap dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

10, Ganti makanan manis dengan bahan alternatif yang lebih sehat lainnya

Mengurangi gula adalah salah satu aturan yang wajib diterapkan sebagai cara menurunkan berat badan. Bagi Anda yang suka dan hobi makan, hal ini mungkin dirasa dan sulit. Tapi tidak usah khawatir, Anda masih bisa makan makanan manis dengan mengganti gula dengan bahan pemanis alami, contohnya pemanis dari daun stevia.

Tanaman stevia ini merupakan pemanis alami yang bebas gula serta mengandung nol kalori, cocok untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, daun stevia punya kandungan rasa lebih manis daripada gula, sehingga cocok, sehat dan aman untuk Anda yang suka makan makanan manis.

11. Hindari makan lebih dari jam 6 sore

Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

12. Tidur cukup

Menurut penelitian dari Columbia University, kalau Anda kurang tidur dari 7 jam dalam sehari, hal itu bisa menyulitkan proses diet Anda, lho. Pasalnya, ketika Anda begadang dan tidak tidur, tubuh bisa memunculkan hasrat lapar dan keinginan untuk ngemil. Selain itu ada banyak studi juga yang menunjukkan saat tubuh merasa lelah, Anda juga akan jadi banyak makanan.

Diet alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama. Demi mendapatkan hasil terbaik,  Anda harus menjalankan cara-cara yang sudah disebutkan diatas secara rutin sampai berat badan Anda turun dan mencapai berat ideal.

Demikian artikel Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dari aku. Yuk kita terapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Salam sehat dan bahagia.

Komentar